6 obat alami ini untuk menghilangkan ketombe lho


Ketombe adalah penumpahan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Kulit ini menggantikan dirinya sendiri setiap empat minggu, jadi sel yang berlebihan harus pergi ke suatu tempat. Beberapa orang mengalami lebih dari hanya beberapa serpihan kulit yang terlepas setiap hari. Ketika ada banyak serpihan, ketombe menjadi masalah estetika yang dapat menyebabkan rasa malu. Rasa gatal yang ditimbulkan juga bisa menyebabkan infeksi kulit kepala dari bakteri di tangan dan di bawah kuku berpindah ke kepala.

Kondisi kulit yang disebut dermatitis seboroik menyebabkan kekeringan pada kulit kepala yang memicu ketombe. Eksema, psoriasis, dan pertumbuhan berlebihan jamur mirip ragi yang disebut Malassezia juga dapat menyebabkan kelebihan pengelupasan. Meskipun ada banyak sampo obat yang tersedia di toko obat, banyak dari mereka menyebabkan kepekaan kulit atau berhenti bekerja setelah beberapa minggu. Beberapa shampoo yang dibeli di toko ini mahal, dan mereka mungkin mengandung bahan-bahan kasar yang membuat kulit kepala lebih kering dan memperparah masalah. Ada banyak cara menghilangkan ketombe tanpa menggunakan solusi medis yang keras. Beberapa metode alami ini membantu melonggarkan serpihan sementara yang lain memperlambat laju penipisan kulit. Yang lain menargetkan jamur atau bakteri atau menambahkan kelembapan kembali ke kulit kepala.

1. Jus lemon
Jus lemon juga efektif untuk melawan pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Ambil 2 sendok makan jus lemon segar atau jus lemon dari konsentrat dan pijat ke kulit kepala dan biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas kulit kepala dengan air. Kemudian ulangi proses dengan campuran encer dari 1 sendok teh jus lemon dan 1 cangkir air. Bilas rambut lagi. Lakukan ini setiap hari sampai ketombe hilang. Keasaman jus lemon menurunkan pH kulit kepala dan membuatnya tidak sehat untuk ragi. Hindari mengeringkan rambut atau pergi ke matahari setelah menggunakan jus lemon karena bisa memiliki efek pemutihan jika tidak sepenuhnya dibilas dari rambut.

2. Garam
Garam meja biasa atau garam laut juga membantu menghilangkan serpih ketombe dari rambut. Gosok satu sendok makan atau dua garam ke dalam kulit kepala sementara rambut kering. Abrasifitas garam membantu melonggarkan kulit kering dan bersisik. Mungkin bisa membantu orang lain memijat garam ke kulit kepala. Setelah melakukan ini, sampo seperti biasa untuk membilas kulit serpihan dan mengeluarkan garam dari rambut. Perawatan ini dapat dilakukan sesering yang diperlukan.

3. Lidah buaya
Ketika dermatitis atau ragi telah menyebabkan gatal kulit kepala yang intens, dan semua hasil goresan menyebabkan serpihan kulit jatuh, cobalah lidah buaya. Gel lidah buaya membantu mengurangi gatal dan iritasi pada kulit. Pijat gel lidah buaya ke dalam kulit kepala sebelum keramas. Diamkan selama 15 hingga 30 menit dan kemudian sampo seperti biasa. Gel lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi dan gatal yang disebabkan oleh kulit terbakar di kulit kepala.

4. Bawang putih
Bawang putih adalah agen antimikroba yang ampuh. Ini sangat ideal untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan ketombe. Cengkeh bawang putih segar dapat dihancurkan atau dicincang dan digosokkan ke kulit kepala. Banyak orang menemukan aroma bawang putih segar menjadi intens. Untuk mengurangi bau bawang putih, campurkan dengan beberapa sendok teh madu mentah. Pijat campuran ke kulit kepala dan biarkan tetap di sana selama 30 hingga 60 menit. Cuci rambut seperti biasa. Lakukan ini seminggu sekali.

5. Minyak zaitun
Kulit kepala yang kering juga bisa mendapatkan manfaat dari rendam minyak zaitun. Pijat 1 sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Tutupi kepala dengan topi mandi dan biarkan minyak meresap dalam semalam. Shampoo seperti biasa di pagi hari. Beberapa shampoo toko obat mengandung minyak zaitun. Selain itu minyak zaitun juga berguna untuk berbagai macam perawatan, lihat detilnya disini

6. Fenugreek
Fenugreek juga bisa mengurangi ketombe. Ramuan ini memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Rendam 2 sendok makan biji fenugreek dalam 1 gelas air semalam. Tiriskan air dan remukkan bijinya ke dalam pasta. Tambahkan beberapa sendok cuka sari apel ke dalam pasta dan kemudian oleskan pasta ke kulit kepala. Biarkan hingga meresap ke dalam kulit kepala selama sekitar 30 menit. Cuci pasta dengan sampo ringan. Ulangi proses sesering yang diperlukan. Fenugreek memiliki bau yang mirip dengan sirup maple, yang mengurangi bau cuka sari apel.

Komentar

Postingan Populer